Kompas.com - 17/05/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi beras merah. Dok. Pixabay/EzBomIlustrasi beras merah.

KOMPAS.com - Beras merahmerupakan alternatif pangan yang bermanfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi beras merah masih kurang populer di masyarakat karena harganya yang cukup tinggi. Padahal, beras merah mengandung gizi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

Beras merah yang dijual dipasaran bisa memiliki berbagai variasi warna, dari kemerahan hingga merah tua. Rasa beras merah sangat khas karena terasa lebih kesat dan berserat dibandingkan dengan nasi putih biasa.

Dilansir dari WebMD, berikut mengonsumsi beras merah bagi kesehatan Anda.

Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian

Beras merah sering dijadikan tepung dan dijadikan bubur untuk anak bayi yang baru mulai mengonsumsi MPASI atau makanan pendamping air susu ibu. Tepung beras merah diketahui mengandung karbohidrat, lemak, serat, asam folat, magnesium, niasin, fosfor, protein, vitamin A, B, C, dan zinc.

Beras merah diketahui bisa mengatasi penyakit rabun ayam akibat kekurangan vitamin A. Selai itu, beras merah juga bisa menyembuhkan penyakit beri-beri akibat kekurangan vitamin B.

Baca juga: Arsenik, Elemen Paling Beracun yang Ada di Beras, Haruskah Khawatir?

Mencegah penyakit jantung

Beras merah mengandung antosianin yang merupakan sumber pewarna dari biji-bijian dan buah-buahan. Zat ini diketahui sebagai antioksidan yang bermafaat untuk mencegah penuaan, menangkal radikal bebas, serta mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit kardivaskuler.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, beras merah mengandung magnesium tinggi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan kolesterol

Menurut Jurnal Litbang Penelitian yang dipublikasikan tahun 2005, ekstrak larutan beras merah dapat menunjang kemampuan tubuh dalam mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Larutan beras merah mengandung asam amino, asam lemak tak jenuh, dan sterol yang bisa mengurangi pembentukan kolesterol dalam hati.

Beras merah bisa menurunkan kadar kolesterol total hingga 23%, kolesterol LDL hingga 28,60%, dan trigliserida 36,50%. Selain itu, tercatat beras merah bisa menaikan kadar kolesterol baik yaitu kolesterol HDL sebesar 19,60%.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X