Kompas.com - 14/05/2021, 19:03 WIB
Albert Einstein. SHUTTERSTOCKAlbert Einstein.

KOMPAS.com - Beberapa dekade sebelum kita tahu bahwa burung bisa melihat medan magnet bumi, Albert Einstein telah memprediksi kemungkinan indra super pada hewan.

Surat Einstein itu sebelumnya telah lama hilang.

Itu adalah jawaban dari pertanyaan seorang ilmuwan bernama Glyn Davys pada tahun 1949.

Menilai dari jawaban Einstein, pertanyaan Davys kemungkinan berkaitan dengan indra hewan dan dunia fisik.

Baca juga: Prediksi Einstein Terbukti, Katai Putih Ditemukan Menyeret Ruang dan Waktu

"Dapat dipikirkan bahwa penyelidikan perilaku burung migran dan merpati pos suatu hari nanti dapat mengarah pada pemahaman tentang proses fisik yang belum diketahui," tulis Einstein dalam jawabannya untuk Davys.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari 70 tahun kemudian, kini kita tahu bahwa prediksi Einstein terbukti.

Para peneliti di masa sekarang telah membuktikan bahwa burung dapat merasakan medan magnet bumi menggunakan fotoreseptor khusus di mata mereka yang sensitif terhadap pergeseran halus dari medan magnet bumi.

Kemampuan ini yang membantu para burun bermigrasi ribuan kilometer tanpa tersesat.

Hewan lain, seperti penyu, anjing, dan lebah, juga menunjukkan kemampuan luar biasa untuk merasakan medan magnet bumi, meski tidak melalui mata.

"Sungguh menakjubkan, Einstein dapat memprediksi kemungkinan tersebut, beberapa dekade sebelum bukti empiris mengungkap bahwa beberapa hewan emmang dapat melihat medan magnet bumi dan menggunakan informasi tersebut untuk navigasi," tulis para peneliti di The Hebrew University of Jerusalem, tempat surat Einsten disumbangkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X