Kompas.com - 19/04/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa. SHUTTERSTOCK/ lupmotionIlustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa.

KOMPAS.com - Vaksin COVID-19 buatan Pfizer mungkin memerlukan dosis ketiga antara enam sampai 12 bulan setelah disuntik pertama kali.

Setelah itu vaksinasi tahunan masih akan diperlukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Data awal menunjukkan bahwa vaksin dari Moderna, Pfizer dan BioNTech memiliki tingkat efektivitas yang tinggi selama paling kurang enam bulan.

Namun dampak vaksin apakah akan efektif selamanya masih diteliti.

Baca juga: Kabar Baik, Kini Vaksin Pfizer Bisa Disimpan dalam Suhu Kulkas Biasa

Dirut Pfizer Albert Bourla mengatakan kepada jaringan televisi CNBC bahwa vaksin penguat akan menjadi bagian dari kehidupan kita di masa-masa mendatang, karena varian dari virus tersebut terus menyebar.

"Akan diperlukan vaksinasi lagi. Kemungkinan paling besar, akan diperlukan dosis ketiga. Dari situ kemudian vaksinasi tahunan. Tentu saja semua itu masih harus diputuskan," kata Bourla kepada CNBC.

Bahkan bila perlindungan dari virus berlangsung lebih dari enam bulan, vaksin COVID-19 secara teratur akan tetap diperlukan. Hal itu karena adanya varian baru.

Awal bulan ini, Pfizer dan mitranya BioNTech mengatakan vaksin mereka memiliki tingkat efektivitas 91 persen, mengambil data terbaru dari sekitar 12 ribu orang yang sudah divaksin paling sedikit selama enam bulan.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pemerintah Amerika Serikat bersiap bagi kemungkinan diperlukannya vaksin penguat antara sembilan sampai 12 bulan setelah vaksin pertama.

David Kessler dari satgas COVID dibentuk Presiden Joe Biden mengatakan bahwa dosis vaksin penguat ini akan diberikan tergantung kerentanan seseorang terhadap virus corona.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X