Kompas.com - 19/04/2021, 08:03 WIB
Tangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 SD Kelas 4-6 tentang Budaya Jawa Tengah. TVRITangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 SD Kelas 4-6 tentang Budaya Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Selain Kediri, Magelang adalah salah satu kota tertua di Nusantara. Hari jadi kota Magelang adalah 11 April 907 Masehi.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Magelang, penelusuran sejarah Magelang berdasar Prasasti POH, Prasasti Gilikan, dan Prasasti Mantyasih. Ketiganya merupakan prasasti yang ditulis di atas lempengan tembaga.

Terkait penamaan Magelang, versi terpopuler mengatakan bahwa Magelan berasal dari atepung-temugelang atau tepung gelang yang berarti mengepung rapat seperti gelang.

Legenda ini menceritakan pertarungan antara Pangeran Purbaya melawan raja jin bernama Sepanjang di hutan kedu.

Baca juga: Asal-usul Nama Malang, Bukan karena Tidak Beruntung

Asal nama Magelang

Nama Magelang berawal dari kerajaan Mataram yang kala itu dipimpin Panembahan Senopati.

Dilansir Bobo, Pada suatu waktu, Panembahan Senopati ingin memperluas daerah kerajaannya dan atas pendapat Ki Gede Pemanahan, diputuskan bahwa langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuka sebuah hutan bernama Hutan Kedu.

Keputusan untuk memperluas wilayah kekuasaannya disebabkan karena Kerajaan Mataram tumbuh menjadi wilayah yang semakin ramai.

Panembahan Senopati kemudian memberikan tugas ini kepada anaknya, yang bernama Pangeran Purbaya.

Untuk melakukan tugasnya ini, Panembahan Senopati membekali Pangeran Purbaya dengan sebuah tombak yang bernama Tombak Kyai Pleret.

Tombak Kyai Pleret ini diberikan oleh Panembahan Senopati kepada Pangeran Purbaya karena Hutan Kedu dikuasai oleh seorang raja jin yang sangat sakti.

Maka fungsi dari tombak yang dibawa oleh Pangeran Purbaya adalah untuk melawan raja jin yang sakti.

Perjalanan Pangeran Purbaya ke Hutan Kedu didampingi oleh sekelompok prajurit khusus yang sudah berpengalaman.

Halaman:


Sumber Bobo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X