Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Lansia dan Komorbid Segera Dilakukan, Begini Aturannya

Kompas.com - 17/02/2021, 17:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Kementerian Kesehatan RI telah menyetujui pemberian vaksinasi Covid-19 pada golongan kelompok rentan seperti orang lanjut usia (lansia) dan orang dengan komorbid.

Tepatnya melalui melalui surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19 dan sasaran tunda.

Surat tersebut ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota itu menjelaskan skrining vaksinasi bagi kelompok komorbid dan penyakit kronik lainnya dengan ketentuan atau aturan vaksinasi Covid-19 lansia yang harus dipenuhi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.EPid menjelaskan bahwa lansia berusia 60 tahun ke atas, pemberian vaksinasi lansia diberikan dua dosis diikuti dengan ketentuan-ketentuan tertentu.

Dalam sasaran program vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Indonesia ada sekitar 21 juta orang yang termasuk kategori lansia yang akan menjadi sasaran program.

Baca juga: BPOM Setujui Penggunaan Vaksin Sinovac Untuk Lansia

 

Menurut dr Nadia, ada prosedur spesifik dan berbeda untuk melakukan vaksinasi lansia tersebut.

"Untuk penyuntikan menggunakan vaksin Sinovac ini, interval penyuntikan khusus untuk lansia adalah 28 hari," jelas dr Nadia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (15/2/2021).

Selain soal interval penyuntikan dalam tahapan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, ada aturan lain yang diberlakukan kepada kelompok ini.

Disebutkan dr Nadia, untuk tekanan darah dan suhu, sama dengan kategori lainnya yaitu suhunya harus di bawah 37,5 derajat celcius dan tekanan darahnya tidak boleh lebih dari 180/110 mmHg.

"Yang berbeda adalah yang berkaitan dengan kondisi fisik, ada tambahan pertanyaan pada tahapan wawancara terkait hal itu sebelum dilakukan penyuntikan (aturan vaksinasi lansia) kepada lansia. Ini wujud aspek kehati-hatian," jelas dr Nadia.

Baca juga: Angka Kematian Tinggi, BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin CoronaVac untuk Lansia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com