Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2021, 13:17 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com - Sangat penting menjaga kesehatan selama kehamilan, untuk mencegah berbagai gangguan tumbuh kembang pada janin dalam kandungan, bahkan keguguran.

Ada banyak tanda-tanda kehamilan yang sehat. Tapi cara pertama untuk mengetahui apakah bayi Anda sehat atau tidak adalah dengan mengetahui kesehatan Anda sendiri. Jika Anda ingin bayinya sehat, Anda sendiri harus sehat.

Baca juga: Inilah Alat Deteksi Janin Portabel Pertama di Dunia, Karya Anak Bangsa

Dr. Grace Valentine, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah menjelaskan empat ciri janin sehat dalam kandungan, berikut di antaranya:

1. Pertumbuhan janin baik sesuai usia kehamilan

Pertumbuhan janin dalam kandungan dapat dipantau dengan pemeriksaan ultrasonografi berkala. Pada trimester pertama kehamilan, pada usia kehamilan 7-12 minggu, panjang janin akan bertumbuh 1 milimeter per hari.

Pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, pertumbuhan janin dinilai dari penambahan ukuran kepala, ukuran perut, ukuran tulang ekstremitas, dan berat badan janin.

“Pertumbuhan janin dikatakan baik apabila sesuai dengan kurva pertumbuhan setiap bulannya. Umumnya berat janin bertambah 200-400 miligram per minggu sejak usia kehamilan 28 minggu ke atas,” kata dr. Grace.

Pertumbuhan janin yang baik tentunya harus didukung oleh nutrisi ibu yang baik dan peningkatan berat badan ibu yang optimal.

Peningkatan berat badan 11-16 kilogram (selama 9 bulan) dianjurkan pada ibu hamil dengan indeks massa tubuh normal.

2. Gerakan janin aktif

Dr. Grace mengatakan, gerak janin dalam kandungan umumnya mulai dirasakan ibu pada usia kehamilan 20 minggu. Janin akan bergerak merespon suara sejak usia kehamilan 6 bulan.

Pemantauan gerak janin dalam kandungan adalah cara mudah yang dapat dilakukan ibu hamil untuk memantau apakah janin dalam kandungan sehat atau tidak.

“Janin yang sehat akan bergerak 10 kali dalam waktu 2 jam,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Abaikan Vaksin Flu, Terserang Flu Saat Hamil Bisa Bahayakan Janin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com