Kompas.com - 17/02/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/RUKSUTAKARN studioIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Ilmuwan menduga virus corona, SARS-CoV-2 pembawa penyakit Covid-19, mungkin beredar pada kelelawar yang hidup di wilayah Asia.

Ditemukan virus yang mirip dengan virus penyebab Covid-19 pada kelelawar di suaka margasatwa di Thailand timur, seperti dikutip dari BBC Indonesia, Selasa (16/2/2021).

Para ilmuwan memperkirakan virus corona serupa mungkin terdapat pada kelelawar di banyak negara dan wilayah Asia lainnya.

Temuan yang memberi petunjuk bagi ahli tentang bagaimana wabah Covid-19 bermula dan mulai menyebar menjadi salah satu berita populer Sains.

Selain itu, penjelasan kenapa kita ikut menangis bersama Andien dalam sinetron Ikatan Cinta hingga mengenal coronaphobia juga menjadi topik populer lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Misteri Kematian Jenghis Khan Terungkap | Tak Ada Salju Baru di Gletser Himalaya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 4 berita populer Sains edisi Selasa (16/2/2021).

1. Virus corona dari kelelawar di Asia

Ditemukan virus yang mirip dengan virus penyebab Covid-19 pada kelelawar di suaka margasatwa di Thailand timur.

Para ilmuwan memperkirakan virus corona serupa mungkin terdapat pada kelelawar di banyak negara dan wilayah Asia lainnya.
Temuan ini memperluas area di mana virus tersebut ditemukan hingga jarak 4.800 km, yang kemudian memberikan petunjuk bagaimana wabah Covid-19 bermula.

Dalam studi yang telah dipublikasikan jurnal Nature Communications, para ilmuwan mengatakan di antaranya wilayah tersebut mencakup Jepang, China dan Thailand.

Pada sejumlah studi sebelumnya, ditemukan bahwa virus corona SARS-CoV-2 muncul pada hewan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.