[POPULER SAINS] Misteri Kematian Jenghis Khan Terungkap | Tak Ada Salju Baru di Gletser Himalaya

Kompas.com - 09/02/2021, 06:00 WIB
Jenghis Khan dalam Book of the Wonders of the World karya Marco Polo and Rustichello, France digambarkan tengah berada di tempat tidurnya.

live scienceJenghis Khan dalam Book of the Wonders of the World karya Marco Polo and Rustichello, France digambarkan tengah berada di tempat tidurnya.

KOMPAS.com - Jenghis Khan juga dieja Genghis Khan adalah tokoh penakluk Mongol yang legendaris. Namun, kematiannya masih menjadi misteri hingga kini.

Banyak spekulasi tentang kematian Jenghis Khan yang beredar di masyarakat. Kini, setelah hampir delapan abad setelah kematiannya, para peneliti mulai menemukan titik terang.

Penyelidikan terbaru tentang kematian Jenghis Khan ini menjadi salah satu berita terpopuler Sains Kompas.com edisi Senin (8/2/2021).

Berita populer Sains lainnya, tim WHO yang menyelidiki asal usul virus corona di China juga mendapat petunjuk penting di pasar Wuhan hingga penjelasan kenapa tidak ada salju baru di Gletser Himalaya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Vaksin Sinovac untuk Lansia | Masjid Tertua Ditemukan

Berikut ulasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Misteri kematian Jenghis Khan

Jenghis Khan lahir dengan nama Temüjin dari klan Borjigin pada tahun 1162.

Pada 1206, ia mendirikan dan menjabat sebagai penguasa pertama Kekaisaran Mongol, yang saat kematiannya pada 1227 memiliki luas wilayah 2,5 lebih besar daripada Kekaisaran Romawi.

Di balik kekuasaan dan warisannya, banyak yang tidak tahu pasti akhir kisah hidup Jenghis Khan.

Keluarga dan pengikut Jenghis Khan diperintahkan untuk merahasiakan kematiannya. Hingga akhirnya muncul banyak spekulasi.

Untuk mengungkap kematian penguasa ini, peneliti kemudian fokus mempelajari The History of Yuan, sebuah teks sejarah yang dibuat selama Dinasti Ming di China.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.