Ilmuwan Temukan Cara Ungkap Kehidupan di Planet Lain, Seperti Apa?

Kompas.com - 17/02/2021, 12:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Alam semesta merupakan tempat yang luar biasa luas untuk menemukan keberadaan kehidupan yang lain.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencari bentuk kehidupan di luar Bumi seperti dengan mendeteksi sinyal radio, iklim, dan lain sebagainya.

Kini peneliti menemukan satu cara lagi yang dapat digunakan, sebagai penanda adanya kehidupan alien, yaitu technosignature atau tanda teknologi yang ditemukan di eksoplanet.

Mengutip dari Science Alert, Selasa (16/2/2021) dalam studi barunya, peneliti menyebut jika technosignature ini dapat dilacak melalui keberadaan gas nitrogen dioksida (NO2).

Baca juga: Bulan Ini Planet Mars Rayakan Tahun Baru Ke-36, Ini Penjelasannya

Gas tersebut dapat dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, gunung berapi, cahaya, dan sumber biologis non-industri lainnya.

Hipotesisnya, jika ada peradaban asing di luar sana, maka mereka juga mungkin menghasilkan polusi dari aktivitas dan industri seperti layaknya di Bumi. Polusi itu dapat juga menjadi sesuatu yang dilihat dalam pengamatan di luar angkasa.

"Di Bumi, sebagian besar nitrogen dioksida dihasilkan dari aktivitas manusia, misalnya proses pembakaran seperti emisi kendaraan dan pembangkit listrik berbahan fosil," kata Ravi Kopparapu, ahli astrobiologi dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

Sehingga dengan mengamati keberadaan NO2, peneliti berpendapat itu dapat menunjukkan jika suatu planet berpotensi memiliki peradaban industri.

Lebih lanjut, meski planet-planet di luar Tata Surya terlalu jauh untuk diamati, namun ahli dapat mempelajari gas melalui teleskop yang semakin kuat.

Dalam studi baru ini, peneliti menggunakan model komputer untuk menghitung angka dari NO2 serta apakah teleskop mampu menangkap penangkapan gas.

Para peneliti menemukan, bahwa teleskop besar seperti James Webb Space Telescope membutuhkan sekitar 400 jam pengamatan waktu pada jarak 30 tahun cahaya untuk menemukan planet mirip Bumi yang menghasilkan NO2 seperti planet kita.