Manusia Purba Gunakan Alat Pemotong Pecahkan Tulang Hewan, Untuk Apa?

Kompas.com - 23/01/2021, 10:02 WIB
Alat pemotong yang digunakan oleh manusia purba untuk memecah tulang hewan dan konsumsi sumsum tulang.
Prof Ran Barkai/PHYSAlat pemotong yang digunakan oleh manusia purba untuk memecah tulang hewan dan konsumsi sumsum tulang.


KOMPAS.com- Para peneliti dari Institut Arkeologi Sonia dan Marco Nadler Universitas Tel Aviv berhasil mengungkap fungsi sebuah alat yang terbuat dari batu api.

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (22/1/2021) peneliti menemukan alat purba tersebut di situs prasejarah Revadim, timur Ashdod, Israel.

Dengan menerapkan metode penelitian lanjutan, peneliti kemudian memeriksa jejak penggunaan pada 53 alat pemotong serta residu organik yang ditemukan pada alat.

Peneliti juga membuat replika alat dan menggunakn alat tersebut dengan metode arkeologi eksperimental.

Baca juga: Lukisan Goa Tertua Sulawesi, Ungkap Migrasi Manusia Purba di Indonesia

 

Hasilnya, peneliti menyimpulkan jika alat yang dikenal sebagai alat pemotong ini digunakan manusia purba untuk mematahkan tulang berukuran sedang, seperti tulang rusa atau sapi dengan rapi

Selanjutnya manusia purba akan mengambil sumsum tulang berkalori tinggi yang bergizi dari tulang yang berhasil dipecahkan tersebut.

Prof. Ran Barkai, peneliti yang terlibat dalam studi menyebut untuk mematahkan tulang hewan menjadi dua untuk mengekstraksi sumsung tulang membutuhkan ketrampilan dan ketelitian yang tinggi. Sebab jika tidak tepat justru akan merusak sumsum tulang itu sendiri.

Situs prasejarah Revadim sendiri kaya dengan temuan yang sangat terawat baik.

Situs tersebut juga sangat disukai dan dihuni berulang kali oleh manusia purba, kemungkinan besar spesies Homo erectus akhir.

Baca juga: Masih Sepupu Manusia, Ditemukan Kerangka Manusia Purba Berusia 2 Juta Tahun

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X