Masih Sepupu Manusia, Ditemukan Kerangka Manusia Purba Berusia 2 Juta Tahun

Kompas.com - 26/11/2020, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Peneliti menemukan fosil kerangka manusia purba berusia 2 juta tahun di kedalaman gua di Afrika Selatan.

Tengkorak berjenis kelamin pria itu menurut peneliti merupakan milik kerabat manusia yang telah punah, dikenal sebagai Paranthropus robustus.

Seperti dikutip dari IFL Science, Rabu (25/11/2020) fosil manusia purba yang hidup di sekitar ujung Afrika sekitar 2 juta tahun lalu itu adalah fosil spesies Paranthropus robustus dengan kondisi paling baik yang pernah ditemukan.

Rangka manusia purba pertama kali ditemukan pada tahun 2018 oleh para peneliti dari Departemen Arkeologi Universitas La Trobe, Australia selama penggalian di Drimolen Main Quarry di utara Johannesburg, Afrika Selatan.