Kompas.com - 06/01/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi kosmonaut melakukan penjelajahan dalam misi luar angkasa. SHUTTERSTOCK/Vadim SadovskiIlustrasi kosmonaut melakukan penjelajahan dalam misi luar angkasa.


KOMPAS.com- Berbagai misi luar angkasa di tahun 2021 ini siap untuk mengungkap beragam misteri alam semesta.

Pandemi virus corona telah membuat sejumlah misi luar angkasa tertunda sepanjang tahun 2020. Tahun ini, misi-misi ini akan diluncurkan dan dijalankan kembali. Nah, apa saja?

Berikut beberapa misi luar angkasa yang diluncurkan tahun 2021, seperti dilansir dari CNN, Minggu (3/1/2021).

1. Menjelajahi Mars

Setidaknya ada tiga misi yang diluncurkan ke planet Mars tahun lalu, yaitu Tianwen-1 China, Wahana Antariksa Uni Emirat Arab (UEA) Hope, dan penjelajah NASA Perseverance.

Baca juga: 8 Temuan Luar Angkasa Menarik yang Mungkin Anda Lewatkan Selama 2020

 

Misi tersebut akan mengawali penemuan baru di planet merah, karena ketiganya akan tiba di planet Mars pada bulan Ferbuari 2021.

Masing-masing misi tersebut memiliki tugas yang berbeda. Wahana Antariksa Hope akan mengorbit di sekitar Mars selama satu tahun Mars atau 687 hari Bumi untuk mengumpulkan data atmosfer Mars.

Tianwen-1 yang merupakan misi pertama China ke Mars akan mengorbit di planet sebelum mendarat di permukaan.

Wahana antariksa Tianwen-1 kan mengumpulkan informasi terkait tanah Mars, struktur geologi, lingkungan, atmosfer, dan tanda-tanda air.

 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.