Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awasi Mutasi Virus di AS, CDC Harap Pengurutan Genom Virus Corona Ditingkatkan

Kompas.com - 05/01/2021, 16:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com- Amerika Serikat (AS) diharapkan dapat melipatgandakan pengurutan genom virus corona, sebagai upaya untuk mengawasi mutasi virus penyebab Covid-19 seperti yang terjadi di Inggris.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat berharap lebih dari dua kali lipat jumlah genom virus SARS-CoV-2 yang diurutkan sebagai upaya untuk mengawasi mutasi baru di AS selam dua minggu ke depan.

Saat ini, seperti dilansir dari CNN, Selasa (5/1/2021), Amerika Serikat telah mengurutkan sekitar 3.000 sampel dalam sepekan.

Namun, menurut Dr.Gregory Armstrong, direktur Office of Advanced Molecular Detection di CDC's National Center for Emerging and Zoonotic Infectious Diseases, CDC berharap pengurutan tersebut dapat dilipatgandakan menjadi 6.500 per minggu.

Baca juga: Varian Baru Mutasi Virus Corona Ditemukan di Inggris, Apa Kata Ahli?

 

Pengurutan genom virus penyebab Covid-19 dilakukan untuk menemukan mutasi virus yang dapat memengaruhi cara penyebaran SARS-CoV-2.

Beberapa waktu lalu, ilmuwan Inggris telah menemukan varian baru virus corona yang menyebar di negara tersebut.

Ilmuwan mengatakan bahwa pola mutasi virus corona ini menjadi lebih menular, meskipun tampaknya tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Setidaknya, saat ini, varian baru virus corona SARS-CoV-2 telah dilaporkan 37 negara, termasuk AS. Di Amerika Serikat, kasus virus corona baru ini telah diidentifikasi di California, Colorado dan Florida.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com