Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Baru Virus Corona Inggris Dilaporkan Terdeteksi di Negara Ini

Kompas.com - 30/12/2020, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com- Varian baru virus corona yang kali pertama terdeteksi di Inggris mulai menyebar ke sejumlah negara di dunia.

Sebelumnya, varian baru virus SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab penyakit Coronavirus Disease (Covid-19) ditemukan peneliti di Inggris pada November lalu.

Dilansir dari Reuters, Rabu (30/12/2020), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa varian baru virus corona ini 70 persen lebih menular dan telah menyebar dengan cepat di negara ini.

Diketahui juga varian terpisah, pertama kali ditemukan di Afrika Selatan yang juga menimbulkan keresahan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyampaikan bahwa tidak ada informasi yang cukup untuk menentukan apakah varian baru dari virus yang telah menyebabkan pandemi global sejak akhir tahun lalu itu, dapat merusak vaksin yang saat ini dikembangkan.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Inggris, Bagaimana Ilmuwan Menemukannya?

 

Imbas dari munculnya varian baru virus corona tersebut membuat sejumlah negara menutup akses penerbangan dari dan menuju Inggris, termasuk Indonesia, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru tersebut.

Namun, sejak munculnya varian baru virus SARS-CoV-2 tersebut, sejumlah negara telah melaporkan kasus infeksi virus corona baru dari Inggris, di antaranya sebagai berikut.

1. Swiss

Negara ini telah mendokumentasikan lima kasus varian baru virus yang berasal dari Inggris dan dua kasus mutasi virus dari Afrika Selatan.

2. Denmark

Denmark juga melaporkan 33 infeksi dengan varian virus corona baru asal Inggris. Hal itu disampaikan pejabat setempat pada 24 Desember lalu.

Baca juga: Pfizer dan Moderna Uji Vaksin Covid-19 pada Virus Corona Jenis Baru Inggris

 

3. Perancis

Perancis adalah negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di Uni Eropa. Varian baru virus corona yang menyebar di Inggris tercatat terdeteksi pada seorang warga Perancis yang baru kembali dari London.

4. India

Ada enam kasus varian baru virus corona dalam penerbangan dari Inggris dan kemungkinan India akan memperpanjang larangan penerbangan untuk mengantisipasi penyebarannya, kata pejabat setempat pada Selasa (29/12/2020).

Halaman:
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com