3 Fakta Gempa Tektonik Merusak di Morowali yang Dipicu Sesar Aktif

Kompas.com - 05/01/2021, 08:04 WIB
Ilustrasi gempa bumi, gempa tektonik, gempa merusak. ShutterstockIlustrasi gempa bumi, gempa tektonik, gempa merusak.


KOMPAS.com- Rentetan gempa tektonik terjadi di wilayah Morowali, Sulawesi Tengah pada Senin (4/1/2021) dini hari. Tiga gempa di antaranya dirasakan warga dan satu gempa bumi memicu kerusakan.

Sebagai informasi, gempa pertama dirasakan terjadi dengan magnitudo 3,5 terjadi pada pukul 01.27.39 WIB.

Episenter gempa pertama ini terletak pada koordinat 2,82 LS – 122,15 BT tepatnya di darat, pada jarak 4 km arah tenggara Bahodopi pada kedalaman 16 km, dirasakan dalam skala intensitas II MMI di Morowali.

Sementara, gempa kedua berkekuatan M 4,9 dirasakan terjadi pada pukul 02.13.59 WIB.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,1 kembali Guncang NTT Terasa sampai Labuan Bajo

 

Pusat gempa Morowali ini terletak pada koordinat 2,80 LS – 122,20 BT tepatnya di laut lepas pantai Morowali pada jarak 8 km arah timur Bahodopi pada kedalaman 10 km, dirasakan dalam skala intensitas V-VI MMI di Bohodopi, dan III MMI di Bungku.

"Guncangan gempa ini sangat kuat dan berpotensi merusak di wilayah Kecamatan Bohodopi," kata Daryono, selaku Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG).

Selanjutnya, gempa tektonik Morowali ketiga bermagnitudo M 3,6 dirasakan terjadi pukul 03.32.13 WIB.

Lokasi episenter terletak pada koordinat 2,71 LS – 122,06 BT tepatnya di laut, lepas Pantai Morowali, jarak 21 km arah tenggara Bungku pada kedalaman 28 km.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2020, Indonesia Diguncang 11 Kali Gempa Bumi Merusak

 

"Hingga pagi ini pukul 07.00 WIB hasil monitoring BMKG sudah mencatat sebanyak 8 rentetan aktivitas gempa dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman," ucap dia.

Fakta gempa Morowali

Berikut beberapa fakta terkait rentetan gempa Morowali yang terjadi sejak dini hari tadi.

1. Dipicu sesar aktif Segmen Geresa

Daryono berkata, dengan memperhatikan sebaran lokasi episenter dan kedalaman gempa di Morowali ini tampak bahwa gempa tektonik ini diduga dipicu oleh aktivitas sesar aktif Segmen Geresa yang memiliki kecenderungan berarah Barat Laut-Tenggara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X