Kompas.com - 04/01/2021, 18:05 WIB
Ilustrasi diet Rawpixel LtdIlustrasi diet

KOMPAS.com - Ahli gizi mengingatkan, bagi pemula yang ingin menjalankan diet untuk resolusi turun berat badan di tahun 2021 ini, kunci utamanya bukanlah pantangan makanan, tetapi motivasi dan mindful eating.

Hal ini disampaikan oleh dr Yohan Samudra SpGK, seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Primaya Hospital Tangerang.

"Iya, yang penting dipahami adalah soal health conscious (sadar kesehatan) dan mindful eating (makan dengan penuh kesadaran)," kata Yohan saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/1/2020).

Baca juga: Selain Menurunkan Berat Badan, Diet Mediterania Ampuh Redakan Stres

Berikut 3 poin utama yang harus Anda ingat saat ingin mencapai target menurunkan berat melalui diet.

1. Motivasi diet untuk menurunkan berat badan

Yohan mengatakan, kunci pertama sukses mencapai target menurunkan berat badan adalah memiliki motivasi kuat.

Ia bercerita, saat ada pasien yang berkonsultasi dan memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, pertanyaan pertama yang ia ajukan bukanlah target turun berat badannya ataupun kebiasaan makannya selama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi jika ada pasien yang ingin menurunkan berat badan, pertama kali yang saya tanyakan adalah motivasinya dulu," ujarnya.

Menurut Yohan, motivasi yang kuat sangat menentukan keberhasilan resolusi menurunkan berat badan, yang bertahan dalam jangka panjang.

Beberapa hal yang menjadi motivasi pasien menurunkan berat badan di antaranya; masalah kesehatan jangka panjang, ingin menurunkan gula darah, tekanan darah, kolesterol atau asam urat, ada juga yang ingin lebih bertenaga, supaya tidak gampang sakit, nyeri lutut dan tumit berkurang, dan ingin lebih sehat secara keseluruhan.

"Jadi 'pengin kurus' aja belum cukup kuat itu alasannya, harus disadari bahwa obesitas itu seperti bom waktu yang siap meledak menjadi berbagai macam penyakit," tegasnya.

Baca juga: Sering Nyeri Sendi Tanda Harus Menurunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X