Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Penderita Diabetes

Kompas.com - 14/12/2020, 09:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber WebMD,eatthis

KOMPAS.com - Ketika hidup dengan diabetes, Anda akan merasa lelah dan haus terus-menerus. Berat badan pun mulai turun tanpa alasan yang jelas.

Tak hanya itu, Anda lebih sering sakit, dan saat cedera akan lebih lambat untuk sembuh, karena tubuh kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan diri.

Beberapa penelitian menunjukkan, lemak perut sangat berkorelasi dengan faktor risiko seperti resistensi insulin, yang menjadi penyebab diabetes tipe 2.

Baca juga: Kasus Terus Meningkat, Kenali 4 Jenis Diabetes dan Pencegahannya

Mengurangi lemak perut dengan olahraga dan pola makan sehat adalah dua cara terbaik untuk mencegah dan mengelola penyakit diabetes.

"Apa yang kami temukan dalam penelitian kami adalah, ketika orang kehilangan sekitar 7% dari berat badan mereka, sensitivitas insulin mereka meningkat 57%," kata Osama Hamdy, MD, PhD, direktur medis Program Klinis Obesitas di Joslin Diabetes Center.

Jadi seandainya Anda memiliki berat 90 kilogram, kehilangan hanya 6 kilogram akan membuat perbedaan.

Untuk membantu Anda, berikut adalah cara menurunkan berat badan terbaik yang dapat Anda terapkan untuk akan membantu menurunkan risiko diabetes.

1. Perbanyak makan ikan

Ada alasan mengapa asam lemak omega-3 menjadi salah satu nutrisi inti. Asupan ini dianggap penting, karena tubuh tidak memproduksinya secara alami.

Omega-3 memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Sebuah studi oleh University of Eastern Finland menemukan, pria dengan asupan asam lemak omega-3 tertinggi memiliki risiko 33% lebih rendah untuk mengembangkan penyakit diabetes, dibandingkan dengan pria dengan asupan terendah.

Ikan berminyak seperti salmon liar, sarden, dan mackerel adalah beberapa sumber omega-3 terbaik. T

he American Heart Association merekomendasikan makan dua porsi 3,5 ons ikan berlemak per minggu.

2. Latihan aerobik

Cara berikutnya untuk menurunkan berat badan adalah dengan latihan aerobik. Latihan ini juga diyakini mencegah diabetes tipe 2.

Akan lebih maksimal jika Anda menggabungkan sesi kardio yang memompa jantung dengan latihan penguatan otot.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine menemukan, wanita yang melakukan setidaknya 150 menit per minggu (sekitar 20 menit per hari) aktivitas aerobik dan setidaknya melakukan 60 menit per minggu (tiga sesi 20 menit) aktivitas penguatan otot akan menurunkan risiko diabetes sebesar 33% dibandingkan dengan wanita yang tidak aktif.

Baca juga: Sering Nyeri Sendi Tanda Harus Menurunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com