Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kunci Sukses Resolusi Menurunkan Berat Badan, Jangan Diet Ekstrem

Hal ini disampaikan oleh dr Yohan Samudra SpGK, seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Primaya Hospital Tangerang.

"Iya, yang penting dipahami adalah soal health conscious (sadar kesehatan) dan mindful eating (makan dengan penuh kesadaran)," kata Yohan saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/1/2020).

Berikut 3 poin utama yang harus Anda ingat saat ingin mencapai target menurunkan berat melalui diet.

1. Motivasi diet untuk menurunkan berat badan

Yohan mengatakan, kunci pertama sukses mencapai target menurunkan berat badan adalah memiliki motivasi kuat.

Ia bercerita, saat ada pasien yang berkonsultasi dan memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, pertanyaan pertama yang ia ajukan bukanlah target turun berat badannya ataupun kebiasaan makannya selama ini.

"Jadi jika ada pasien yang ingin menurunkan berat badan, pertama kali yang saya tanyakan adalah motivasinya dulu," ujarnya.

Menurut Yohan, motivasi yang kuat sangat menentukan keberhasilan resolusi menurunkan berat badan, yang bertahan dalam jangka panjang.

Beberapa hal yang menjadi motivasi pasien menurunkan berat badan di antaranya; masalah kesehatan jangka panjang, ingin menurunkan gula darah, tekanan darah, kolesterol atau asam urat, ada juga yang ingin lebih bertenaga, supaya tidak gampang sakit, nyeri lutut dan tumit berkurang, dan ingin lebih sehat secara keseluruhan.

"Jadi 'pengin kurus' aja belum cukup kuat itu alasannya, harus disadari bahwa obesitas itu seperti bom waktu yang siap meledak menjadi berbagai macam penyakit," tegasnya.


2. Mindful eating

Bagi Anda yang sedang berupaya mencapai resolusi menurunkan berat badan di tahun 2021 ini, selain harus memiliki motivasi yang kuat, mindful eating juga perlu Anda lakukan.

"Kunci selanjutnya tentu saja mindful eating tadi itu," ucap Yohan.

Mindful eating yang dimaksudkan adalah memilih dan memerhatikan jenis, serta jumlah makanan dan minuman yang kita konsumsi dengan penuh kesadaran.

Hindari kebiasaan makan atau ngemil, sambil mengerjakan aktifitas lainnya.

Selain itu, usahakan selalu memerhitungkan jumlah kalori harian Anda dengan mekanisme yang benar dan tepat.

"Tentu saja jika jumlah kalori hariannya dihitung akan lebih tepat, jika dibandingkan dengan pakai perasaan saja," tuturnya.

3. Jangan diet ekstrem

Yohan mengingatkan, jika sudah berambisi dan memiliki motivasi yang sangat kuat untuk menurunkan berat badan, jangan pernah melakukan diet ekstrem.

"Diet tidak perlu yang ekstrem dan banyak pantangan, karena kegagalannya akan tinggi dan berat badan dengan mudah akan naik lagi, setelah turun dengan cepat," jelasnya.

Yohan juga menyarankan para pemula untuk mengawali resolusi menurunkan berat badan dengan mengurangi semua camilan, karena penyebab terbesar kegemukan adalah makanan dan minuman olahan yang tinggi kalori, karena tinggi kandungan gula dan lemak.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/04/180500123/kunci-sukses-resolusi-menurunkan-berat-badan-jangan-diet-ekstrem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke