Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: Gempa Bumi Tektonik M 5,3 Guncang Maumere NTT

Kompas.com - 31/12/2020, 18:33 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,3 mengguncang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pukul 17.18 WIB, Kamis (31/12/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw 5,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayiatno MSi dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,97 LS dan 122,32 BT.

Bambang berkata, lokasi tepatnya gempa bumi ini berada di laut pada jarak 40 km arah Selatan Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT pada kedalaman 116 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Sumba Timur Tak Berpotensi Tsunami

 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktifitas subduksi Lempeng Indo-Australia," kata dia.

Sementara itu, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan oblique turun (oblique normal fault). 

Kendati, lokasi gempa bumi ini berada di laut tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Hanya saja, guncangan gempa ini dirasakan di Maumere dengan intensitas skala III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com