Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Sumba Timur Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 29/12/2020, 18:12 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,0 mengguncang wilayah Sumba Timur pada pukul 07.37 WIB, Selasa (29/12/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa ini terletak pada koordinat 10,21 LS dan 120,41 BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, lokasi gempa bumi ini tepatnya berada di darat pada jarak 63 km arah Selatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 10 km.

Bambang berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa hari ini yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2020, Indonesia Diguncang 11 Kali Gempa Bumi Merusak

 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique naik (oblique thrust fault)," kata dia.

Guncangan yang berlokasi di darat ini, berdasarkan hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, guncangan gempa ini dirasakan di daerah Waingapu dengan skala intensitas II MMI yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,4 Guncang Teluk Tomini Terasa hingga Manado

 

Sementara itu, hasil monitoring BMKG hingga pukul 08.02 WIB, Selasa (29/12/2020) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Meskipun tidak ada potensi aktivitas susulan dan dampak kerusakan, masyarakat tetap agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu terkait gempa bumi yang terjadi di Sumba Timur ini, yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com