Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang Tahun 2020, Indonesia Diguncang 11 Kali Gempa Bumi Merusak

Kompas.com - 29/12/2020, 09:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Hampir seluruh wilayah di Indonesia merupakan daerah rawan gempa. Baik secara geologi maupun tektonik, faktanya negara kepulauan ini memang memiliki banyak sumber gempa bumi.

Sepanjang tahun 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, wilayah Indonesia diguncang oleh banyak gempa, dengan 11 kali gempa bumi merusak.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Senin (28/12/2020).

"Secara geologi dan tektonik, kita memiliki banyak sumber gempa yang terdiri dari 13 segmentasi zona megathrust dan lebih dari 295 sesar aktif," kata Daryono.

 

Baca juga: Gempa Kuningan-Brebes Picu Kerusakan Bangunan, Ini 6 Faktanya...

 

Sumber-sumber gempa bumi Indonesia tersebut, kata Daryono, dapat kapan saja memicu gempa bumi, baik yang berpusat di darat maupun di laut.

Keberadaan sumber gempa sesar aktif yang jalurnya berada dekat dengan permukiman, maka akan menjadi ancaman. Sebab, dapat meningkatkan bahaya dan risiko bencana gempa bumi.

Daryono menjelaskan dengan kondisi tanah yang lunak dan struktur bangunan yang lemah, serta tidak memenuhi standar tahan gempa, maka akan memicu terjadinya kerusakan saat gempa bumi yang kuat terjadi.

"Untuk menimbulkan kerusakan, magnitudo gempa tidak harus besar. Gempa dengan magnitudo 5,0 atau bahkan di bawahnya, dalam berbagai kasus ternyata dapat menyebabkan kerusakan, jika kedalaman sumber gempanya dangkal," jelas Daryono.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com