Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Liburan ke Pantai, Catat Wilayah Berpotensi Gelombang Tinggi

Kompas.com - 28/12/2020, 18:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Jika Anda dan keluarga sedang bersemangat untuk merencanakan liburan akhir tahun ini ke pantai, sebaiknya juga perlu mencatat wilayah perairan yang justru berpotensi mengalami gelombang tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang bisa mencapai 4 meter tersebut, berpeluang terjadi 3 hari ke depan.

Potensi gelombang tinggi ini terjadi dari kondisi atmosfer yang berhasil dipantau oleh BMKG.

Hasil analisis BMKG, gelombang tinggi kategori sedang hingga tinggi yang terjadi di sejumlah wilayah pesisir dan perairan Indonesia ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik dan pola angin.

Sirkulasi siklonik terpantau di Laut China selatan utara Kalimantan, Samudera Pasifik utara Papua, dan Australia Barat bagian utara. 

Baca juga: BMKG: Masa Libur Natal Waspada Gelombang Tinggi Capai 4 Meter

 

Sementara, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan berkisar 3-20 knot.

Sedangkan di wilayah perairan di Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 3-16 knot. 

Sehingga, kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna utara, Samudra Hindia barat Bengkulu-Lampung, dan Perairan Biak.

Kondisi-kondisi inilah yang mengakibatkan tinggi gelombang mencapai kategori ekstrem yaitu lebih dari 6 meter di sekitar wilayah tersebut dan perairan lainnya dalam dua hari ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com