Kompas.com - 28/12/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi orangutan Borneo. Pembukaan lahan disebut menjadi ancaman pada hilangnya habitat hewan darat di planet ini yang diprediksi dapat terjadi pada tahun 2050. SHUTTERSTOCK/SalvacampilloIlustrasi orangutan Borneo. Pembukaan lahan disebut menjadi ancaman pada hilangnya habitat hewan darat di planet ini yang diprediksi dapat terjadi pada tahun 2050.


KOMPAS.com- Peneliti menyebut jika hampir semua hewan darat terancam kehilangan sebagian habitatnya pada tahun 2050.

Hal tersebut terjadi lantaran adanya pembukaan lahan secara terus menerus untuk memenuhi permintaan pangan dunia yang terus meningkat.

Peneliti sendiri memperkirakan bahwa kita akan membutuhkan sekitar 2 hingga 10 juta km  persegi lahan pertanian baru untuk memenuhi permintaan pangan dalam 30 tahun ke depan.

Dengan kebutuhan lahan yang makin bertambah itu maka makin bertambah pula kawasan alami yang kehilangan fungsinya dan akan membuat hampir 90 persen hewan darat bakal kehilangan sebagian besar habitatnya.

Baca juga: Mirip Hewan Peliharaan, Kanguru Juga Bisa Berkomunikasi dengan Manusia

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dikutip dari New Scientist, Minggu (27/12/2020) proyeksi tersebut didapat setelah peneliti mengembangkan pemodelan yang menunjukkan bagaimana perluasan lahan pertanian akan memengaruhi habitat alami pada hampir 20.000 mamalia darat, amfibi, dan juga burung.

Hasil studi yang dilakukan oleh University of Leeds, Inggris ini pun berhasil mengidentifikasi lebih dri 17.000 spesies hewan darat akan kehilangan sebagian dari habitatnya pada tahun 2050.

Lebih lanjut peneliti mengungkap jika dampak paling parah akibat eksploitasi lahan adalah wilayah sub-Sahara Afrika dan hutan hujan Atlantik Brasil. Tetapi kerugian terjadi di setiap benua.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.