Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Ikan Ini Jadi Hewan Pertama yang Punya Peliharaan

Kompas.com - 12/12/2020, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber New Atlas

KOMPAS.com- Para peneliti di Australia telah menemukan contoh pertama hewan yang memelihara hewan lain, yakni ikan longfin damselfish.

Peneliti menyebut bahwa ikan longfin damselfish terlihat memelihara udang kecil untuk membantunya merawat alga.

Seperti dikutip dari New Atlas, Jumat (11/12/2020) peneliti berhasil menangkap perilaku ikan tersebut saat sedang melakukan sebuah ekspedisi terumbu karang di Belize.

Dalam pengamatan yang dilakukan tim yang dipimpin oleh para peneliti dari Universitas Griffith dan Deakin, mereka menemukan bahwa ikan longfin damselfish tampaknya telah menjinakkan udang mysid.

Ikan longfin damselfish dikenal sebagai ikan yang merawat alga untuk makanan mereka.

Baca juga: Ahli Temukan Ikan Kakap Tertua di Dunia, Berumur 81 Tahun

 

 

Kemudian ikan tersebut memanfaatkan kotoran udang mysid sebagai pupuk untuk membantu alga-alga tumbuh. Sebagai imbalannya, udang diberi tempat berlindung yang aman untuk hidup.

Untuk menguji apakah ikan secara aktif melindungi udang, para peneliti pun melakukan serangkaian uji lapangan dan laboratorium.

Peneliti menempatkan udang mysid di dalam kantong bening dan menempatkan kantong tersebut di dalam serta di luar area alga-alga tumbuh.

Benar saja, di luar area ikan lain mencoba memakan udang, sementara di dalam area, setiap predator yang datang selalu diusir oleh ikan longfin damselfish.

Baca juga: Kehidupan Ikan Remora yang Numpang Pada Paus Biru

 

Terakhir, peneliti menguji manfaat apa yang diberikan udang pada ikan. Peneliti menemukan bahwa kualitas alga dan kesehatan ikan meningkat ketika ada udang.

"Studi lapangan dan eksperimen perilaku yang kami lakukan di Stasiun Penelitian Carrie Bow Cay memberikan bukti bahwa hubungan antara ikan longfin damselfish dan udang mysid memiliki semua ciri domestikasi, tidak berbeda dengan cara manusia memelihara hewan ternak," kata William Feeney, penulis utama dari studi ini.

Lebih lanjut, ia menyebut jika temuan yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications ini merupakan kasus pertama yang tercatat pada vertebrata non-manusia yang mendomestikasi spesies lain.

Selain itu, dari temuan pada ikan longfin ini, menjadi bukti eksperimental pertama untuk jalur hipotesis tentang bagaimana evolusi domestikasi terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com