Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Laut Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 17/12/2020, 17:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,1 mengguncang wilayah Laut Maluku pada pukul 15.30 WIB, Kamis (17/12/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,23 LU dan 125,02 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 75 kilometer arah Tenggara Kota Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara pada kedalaman 44 kilometer.

Bambang berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Rentetan Lindu Guncang Curup, Bengkulu sejak Semalam

 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normalt fault)," ujarnya.

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Akan tetapi, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Tutuyan, Manado dan Bolaang Mongondow Selatan dengan skala intensitas II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Baca juga: 30.000 Gempa Bumi Terjadi sejak Agustus, Ada Apa dengan Antartika?

 

Sementara itu, terkait gempa bumi susulan hasil monitoring BMKG hingga pukul 15.50 WIB, Kamis (17/12/2020) juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock.

Meskipun tidak ada potensi aktivitas susulan dan dampak kerusakan, masyarakat tetap agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, terkait gempa bumi di Laut Maluku tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com