Sinyal Misterius Terdeteksi dari Bintang Terdekat Tata Surya, Mungkinkah Alien?

Kompas.com - 29/12/2020, 11:02 WIB
Teleskop Parkes di Australia berhasil mendeteksi sinyal misterius berasal dari Proxima Centauri, sistem bintang terdekat dengan Tata Surya kita. Diduga sinyal dari alam semesta itu berasal dari kehidupan luar Bumi, atau kemungkinan alien.
CSIRO/A. Cherney/LIVE SCIENCETeleskop Parkes di Australia berhasil mendeteksi sinyal misterius berasal dari Proxima Centauri, sistem bintang terdekat dengan Tata Surya kita. Diduga sinyal dari alam semesta itu berasal dari kehidupan luar Bumi, atau kemungkinan alien.


KOMPAS.com- Apakah manusia sendirian di alam semesta ini? Pertanyaan yang belum terungkap hingga kini itu membuat para ahli terus mencoba mencari jawabannya dan memecahkan beragam misteri di Tata Surya ini.

Berbagai penelitian serta pencarian dilakukan untuk mengetahuinya.

Di pengujung tahun 2020, peneliti mengungkapkan jika berhasil mendeteksi sinyal misterius yang berasal dari Proxima Centauri, sistem bintang terdekat dengan matahari.

Seperti dikutip dari Live Science, Senin (28/12/2020) sinyal tersebut tertangkap teleskop Parkes di Australia pada April dan Mei 2019.

Baca juga: Peneliti Sebut Alien di 1000 Bintang Terdekat Bisa Awasi Bumi

 

 

Teleskop tersebut merupakan bagian dari proyek Breakthrough Listen untuk mencari sinyal radio dari sumber teknologi di luar tata surya.

Peneliti menyebut sinyal itu berupa berkas sempit gelombang radio 980 MHz. Sinyal tersebut muncul sekali dan tak pernah terdeteksi lagi.

Frekuensi ini menjadi penting karena pita gelombang radio tersebut biasanya tak digunakan pesawat dan satelit buatan manusia.

Lebih lanjut, sinyal tampaknya datang langsung dari sistem Proxima Centauri yang berjarak hanya 4,2 tahun cahaya dari Bumi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.