Kompas.com - 25/10/2020, 11:03 WIB
Peneliti sebut alien bisa deteksi kehidupan di Bumi. sciencealertPeneliti sebut alien bisa deteksi kehidupan di Bumi.

KOMPAS.com - Selama ini para astronom bekerja keras membuat katalog eksoplanet atau planet di luar Tata Surya mana saja yang terlihat dari Bumi.

Tapi saat ini, dua peneliti mencoba membalik gagasan itu. Peneliti mencari tahu apakah eksoplanet dapat 'memantau' dan mendeteksi kehidupan di Bumi seperti para astronom mengamati kehidupan di luar sana.

Hasilnya, mengutip dari Science Alert, Sabtu (24/10/2020) peneliti menyebut kalau kehidupan di luar Bumi ternyata bisa melihat kita.

Baca juga: Inti Matahari Itu Seperti Apa? Sains Menjawab

Setidaknya ada sekitar 1004 bintang deret utama yang mirip Matahari dengan planet seperti Bumi yang mengorbit, dapat mengawasi kita dari jauh.

Bintang-bintang yang semuanya berada dalam jarak 326 tahun cahaya dari Bumi ini juga disebut peneliti mampu mendeteksi jejak kimiawi kehidupan di Bumi.

Lebih lanjut, dari 1004 bintang diidentifikasi dengan zona potensial layak huni. Sebagian besar bintang juga merupakan bintang tipe-M atau katai merah.

"Jika para pengamat di luar sana mencari, mereka akan melihat tanda-tanda biosfer di atmosfer Bumi. Dan kita bahkan bisa melihat beberapa bintang yang paling terang di langit tanpa teleskop," ungkap Lisa Kaltenegger, astronom dari Universitas Cornell.

Menurut peneliti, untuk melihat Bumi, alien di eksoplanet perlu menggunakan teknik yang sama dengan yang dilakukan para astronom, yakni mengamati saat Bumi lewat di depan Matahari untuk mengetahui susunan atmosfer planet yang dikenal sebagai observasi transit.

"Jika kami menemukan planet dengan biosfer yang hidup, kami akan penasaran apakah ada kehidupan lain yang melihata kami juga atau tidak," tambah Kaltenegger.