Penggambaran inti Matahari James Josephides, CAS Swinburne University of TechnologyPenggambaran inti Matahari

Inti Matahari Itu Seperti Apa? Sains Menjawab

30/09/2020, 17:06 WIB
Inti Matahari itu seperti apa? - Sophie, 8 tahun, Perth, Australia

Oleh Sara Webb

INI pertanyaan yang bagus sekali, Sophie. Kita akan pergi bertualang untuk mencari tahu jawabannya.

Kita akan pergi ke pusat Matahari. Kita harus menempuh perjalanan 148 juta kilometer (km) dari Bumi untuk tiba di permukaan Matahari menggunakan pesawat antariksa kita.

Di permukaan Matahari ini, suhunya sangat panas, sekitar 5,700 derajat Celsius (°C), dan cahayanya sangat terang dan membutakan. Saat kita lihat lebih dekat, permukaan Matahari tampak bergelembung, mirip air mendidih.

Beberapa gelembung terlihat lebih gelap dari gelembung lain. Gelembung gelap ini suhunya lebih dingin, tapi setiap jengkal permukaan Matahari tetaplah sangat panas.

Dari zona ke zona

Kita melanjutkan perjalanan, menyelam ke dalam salah satu gelembung raksasa di permukaan, menuju perhentian pertama kita: zona konvektif.

Kita dikelilingi cairan panas bernama plasma, yang berisi gelembung karena adanya pergerakan konstan gas panas yang naik dan gas dingin yang turun.

Gelembung-gelembung ini bergerak, membesar, dan menyusut. Sebagian bahkan pecah saat pesawat kita terus turun, bergoyang-goyang seperti perahu di laut lepas.

Setelah menempuh perjalanan turun sejauh 200.000 km (jarak ini kira-kira 15 kali lebar Bumi!), goyangan akhirnya berhenti. Kita telah tiba di perhentian kedua, zona radiatif.

Bagian Matahari ini sangat panas. Suhu di luar pesawat kita saat ini 2 juta °C. Jika kita mampu melihat partikel cahaya, bernama foton, kita akan melihat partikel ini berpantulan di antar partikel-partikel kecil, bernama atom, yang menyusun plasma.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X