Mengapa Manusia Tak Pernah Melihat Alien? Ahli Fisika Jelaskan

Kompas.com - 11/06/2020, 18:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Alam semesta sangatlah besar. Kemungkinan adanya kehidupan selain di Bumi pun besar pula. Namun mengapa kita tidak pernah melihat tanda-tandanya?

Mengutip Science Alert, Kamis (11/6/2020), inilah yang disebut sebagai Fermi Paradox: anomali ilmiah bahwa meskipun ada miliaran bintang di Galaksi Bima sakti, kita belum pernah menemukan tanda-tanda peradaban alien yang maju.

Mengapa begitu?

Ini adalah pertanyaan yang ada di kepala para ilmuwan dan fisikawan puluhan tahun lalu, waktu Fermi Paradox pertama kali ditemukan. Beberapa ilmuwan berspekulasi tentang alien yang hibernasi, atau adanya penyebab misterius di mana alien berhenti berevolusi. Atau bisa saja, alien tidak mau berkomunikasi dengan manusia.

Pada 2018, fisikawan Alexander Berezin dari National Research University of Electronic Technology (MIET) di Rusia sedikit banyak menjawab paradoks tersebut.

Berdasarkan jurnal yang ditulis Berezin, paradoks itu disebut tidak memerlukan asumsi yang kontroversial namun sulit untuk diterima. Hal ini karena Berezin memprediksikan masa depan peradaban manusia lebih buruk dibanding kepunahan.