Kompas.com - 11/06/2020, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi hal yang penting pada masa pandemi Covid-19. Ini menjadi upaya untuk mencegah penularan Covid-19, mengingat vaksin maupun obat belum tersedia.

Berbagai makanan sehat pun dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas, termasuk madu dan susu. Keduanya ternyata mengandung banyak vitamin dan protein (mikronutrien) yang baik bagi tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Felecia Suganda, M.Kes, Sp.GK menjelaskan, madu mengandung mikronutrien yang tinggi yakni kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Selain itu, dalam madu terdapat kandungan vitamin C, B2, B3, B5, B6, dan B9.

"Sehingga dalam satu sendok makan madu pun, kita sudah mendapatkan berbagai mikronutrien," ujar Diana dalam webinar RSPI: Gizi Baik untuk Meningkatkan Imunitas, Rabu (10/6/2020).

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Jangan Berikan Madu kepada Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Madu juga mengandung enzim glucose oxidase yang berperan melakukan penghambatan pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus.

Tak cukup hanya itu, madu juga mengandung prebiotik fructo-oligosaccharide (FOS) yang menjadi makanan bagi para bakteri baik di saluran pencernaan. Ini merupakan hal baik karena 70 persen sistem imun tubuh dipengaruhi kesehatan saluran pencernaan.

Diana pun menyarankan untuk meminum satu hingga dua sendok madu per hari, di samping tetap menjaga pola makan gizi seimbang.

"Jadi silahkan Anda konsumsi untuk madu, tapi perhatikan bahwa madu tidak dikonsumsi untuk anak dibawah satu tahun," katanya.

Sementara susu menjadi sumber protein hewani yakni mengandung asam amino esensial. Protein ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Studi: Konsumsi Olahan Susu Turunkan Risiko Hipertensi dan Diabetes

Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi susu sebanyak 200-250 miligram per hari bagi orang dewasa.

Jika bermasalah dengan lemak tubuh, kata Diana, Anda dapat mengonsumsi varian susu rendah lemak yakni skim milk atau low fat milk.

"Tapi kalau enggak masalah dengan lemak tubuh atau berat badan masih baik, boleh konsumsi yang full cream," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.