Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri Baru Jadi Ortu: Jangan Berikan Madu kepada Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Kompas.com - 05/04/2020, 18:30 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com - Madu terkenal sebagai produk alam yang memiliki banyak manfaat. Madu kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan memberikan madu kepada bayi sebelum usianya menginjak satu tahun.

Hal itu diungkapkan oleh dr Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak di RS Pondok Indah, Puri Indah.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Bagaimana Jika Anak Telat Imunisasi?

“Madu direkomendasikan untuk diberikan kepada anak berusia di atas 1 tahun karena madu merupakan bahan alam yang mempunyai kemungkinan tercemari oleh spora bakteri Clostridium botlulinum,” tutur Cynthia kepada Kompas.com, Minggu (5/4/2020).

Spora bakteri Clostridium botlulinum akan masuk ke dalam saluran cerna bayi. Selanjutnya, bakteri akan memproduksi racun saraf (neurotoksin) yang berbahaya bagi bayi di bawah usia 1 tahun.

Menurut Cynthia, kondisi ini dikenal dengan istilah “botulisme” pada bayi dengan gejala kelemahan otot hingga kesulitan bernapas, sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Benarkah Kopi Bisa Mencegah Bayi Kejang?

“Hal ini tidak hanya berlaku untuk madu murni, namun juga untuk semua produk makanan yang menggunakan madu tanpa proses pengolahan sebelumnya,” tambah Cynthia.

Pada anak berusia di atas satu tahun, dianggap sudah aman untuk mengonsumsi madu.

“Karena saluran cernanya sudah berfungsi lebih baik untuk menyingkirkan bakteri tersebut, sebelum sempat memproduksi neurotoksin,” tutup Cynthia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com