Kompas.com - 10/06/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. New normal mulai disosialisasikan, begitu pun pembuatan vaksin Covid-19 yang terus dilanjutkan.

Wakil Direktur Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Prof Herawati Aru Sudoyo menyampaikan bahwa LBM Eijkman ikut serta dalam menemukan dan membuat vaksin Covid-19.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati. Vaksin yang tersedia nantinya diharapkan akan memberikan imunitas pada bangsa," kata Hera dalam diskusi daring bertajuk "Etnografi dan Pandemi: Covid-19 dalam Narasi Antropologi Kesehatan", Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Prototipe Vaksin Covid-19 Indonesia Ditargetkan Awal 2021, Ini Prosesnya

Hera menyebutkan, sambil menunggu ketersediaan vaksin, semua elemen masyarakat harus tetap menerapkan protokol hidup sehat, serta menjaga jarak dan interaksi sosial.

"Itu satu-satunya cara untuk kita bisa menunda atau menurunkan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia," tegasnya.

Sampai saat ini sudah ada 115 kandidat vaksin dari seluruh dunia untuk Covid-19. Delapan di antaranya siap untuk uji klinik, dan dua sudah siap untuk diuji di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahap pembuatan vaksin di Indonesia

Berikut tahap-tahap dan target waktu pembuatan vaksin di Indonesia dari LBM Eijkman berkolaborasi dengan instansi lainnya.

1. Maret 2020

Melakukan klasifikasi genom dari virus corona SARS-CoV-2 yang ada di Indonesia. Sudah ada tujuh genom virus SARS-CoV-2 dari Indonesia yang sudah dikirimkan untuk data di lembaga sains internasional.

Sedangkan, belasan genom masih terus diteliti oleh para ahli sebelum dilaporkan kembali sebagai genom asal Indonesia ke lembaga sains internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.