Kompas.com - 29/12/2020, 16:02 WIB


KOMPAS.com- Ada yang unik dengan cara lebah madu mengingat lokasi bunga yang kaya akan nektar. Ternyata mereka membutuhkan waktu untuk mempelajari lokasi tersebut.

Para ilmuwan di University of Exeter, Inggris meneliti 'pembelajaran penerbangan' yang dilakukan sebagian besar lebah setelah meninggalkan bunga.

Seperti dikutip dari Phys, Selasa (29/12/2020), lebah madu adalah salah satu spesies yang melakukan pembelajaran tersebut.

Dalam studi, ilmuwan menemukan lebah melakukan hal yang sama, berulang kali terbang sambil menoleh ke belakang untuk mengingat lokasi bunga yang ditinggalkannya.

"Mungkin tidak diketahui secara luas bahwa serangga penyerbuk mempelajari dan mengembangkan preferensi bunga individu, tetapi sebenarnya lebah sangat selektif," kata Natalie Hempel de Ibarra, Associate Professor di Exeter's Center for Research in Animal Behaviour.

Baca juga: Lebah Madu Mengalahkan Kerabat Lebah Pembunuh dengan Feses, Kok Bisa?

 

Profesor Hempel de Ibarra mengatakan saat meninggalkan bunga, lebah madu dapat secara aktif memutuskan seberapa banyak upaya yang harus dilakukannya untuk mengingat lokasinya.

"Temuan mengejutkan dari penelitian kami adalah bahwa ukuran lebah menentukan pengambilan keputusan ini dan perilaku belajar," jelas dia.

Studi juga dilakukan pada lebah penangkaran yang mengunjungi bunga buatan yang mengandung larutan sukrosa atau gula dengan berbagai konsentrasi.

Semakin besar lebah, ternyata perilaku belajarnya semakin bervariasi, tergantung pada kekayaan larutan sukrosa.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.