Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,3 Guncang Teluk Tomini, 2 Kali Susulan

Kompas.com - 24/12/2020, 10:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa hari ini terjadi dengan magnitudo M 5,3 mengguncang wilayah Teluk Tomini tepat pada pukul 08.24 WIB, Kamis (24/12/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa bumi tektonik ini terletak pada koordinat 0,31 LS dan 124,57 BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, lokasi gempa hari ini tepatnya berada di laut pada jarak 96 km arah Tenggara Kota Bolaang Uji, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara pada kedalaman 24 km.

Kendati lokasi gempa bumi berada di laut, Bambang berkata, dari hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Laut Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

 

Sementara itu, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujarnya.

Meskipun tidak berpotensi tsunami, tetapi gempa tersebut dapat dirasakan di daerah Pagimana Kabupaten Banggai dengan skala intensitas II MMI.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com