Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 7,3 Guncang Papua Nugini, Tektonik Area Cukup Rumit

Kompas.com - 17/07/2020, 12:10 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa bumi berkekuatan magnitudo M 7,3 mengguncang wilayah Kokoda Papua Nugini pagi ini pukul 9.50 WITA, Jumat (17/7/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa bumi yang terjadi ini terletak pada koordinat 7,82 LS dan 147,7 BT.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan lokasi tepatnya gempa bumi tersebut berada di lepas pantai Holnicote pada jarak 114 kilometer arah Utara Kokoda Papua Nugini, pada kedalaman 87 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa Bumi M 5,1 Guncang NTT

Daryono mengatakan tektonik area ini cukup rumit, sebab ada beberapa zona subduksi aktif dan subduksi purba yang menunjam dari segala arah dari lokasi hiposenter gempa M 7,3 di kedalaman menengah ini.

"Untuk itu perlu kajian lebih lanjut guna menjawab terkait subduksi yang mengalami deformasi dan menjadi pemicu gempa ini," kata dia.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,0 Guncang Kabupaten Berau Kalimantan Timur

Sementara itu, berdasarkan model tingkat guncangan atau shakemap menunjukkan dampak gempa ini mencapai skala intensitas VI-VII MMI yang berpotensi menimbulkan kerusakan.

Sejumlah wilayah merasakan guncangan gempa bumi tersebut, seperti di Kokoda, Sangara, Popondetta, Gona, Buna, Eroro, Ondoro, Morobe, Eipa, Garaina, dan Kosipe.

Adapun terkait gempa bumi susulan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 10.57 WIB, Jum'at (17/7/2020) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Dayono menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki kombinasi penyesaran mendatar dan turun atau oblique normal.

Kendati lokasi gempa bumi di Papua Nugini ini terjadi di laut, tetapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami, sehingga masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak perlu khawatir terkait tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com