Kompas.com - 17/07/2020, 11:02 WIB
Solar Orbiter menemukan letupan mini yang disebut ilmuwan sebagai campfire (tanda panah putih). Solar Orbiter/EUI Team (ESA & NASA); CSL, IAS, MPS, PMOD/WRC, ROB, UCL/MSSLSolar Orbiter menemukan letupan mini yang disebut ilmuwan sebagai campfire (tanda panah putih).

KOMPAS.com – Pada 9 Februari 2020 lalu, NASA berkolaborasi dengan European Space Agency (ESA) meluncurkan Solar Orbiter dengan tujuan untuk mengeksplorasi Matahari.

Pesawat ini pertama kali mengorbit dengan jarak sangat dekat Matahari pada pertengahan Juni 2020 lalu. Solar Orbiter kemudian menangkap beberapa gambar permukaan Matahari, yang terdekat sepanjang sejarah.

“Gambar-gambar terdekat Matahari ini akan membantu para ilmuwan memetakan lapisan atmosfer Matahari. Sangat penting untuk mengetahui dampaknya terhadap suhu dan iklim di Bumi pada masa mendatang,” tutur Holly Gilbert, ilmuwan NASA yang berkecimpung dalam misi tersebut seperti dikutip dari Nasa.gov, Jumat (17/7/2020).