Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,1 kembali Guncang NTT Terasa sampai Labuan Bajo

Kompas.com - 01/01/2021, 11:56 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Setelah kemarin terjadi gempa bumi di Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pagi ini Jumat (1/1/2021) pada pukul 06.12 WIB, wilayah lainnya di provinsi yang sama yaitu Kota Tambolaka diguncang gempa tektonik bermagnitudo M 5,1.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya mengatakan, episenter gempa bumi  ini terletak pada koordinat 9,27 LS dan 119,03 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 21 km arah Barat Laut Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 83 km. 

Baca juga: Setelah Maumere, Gempa Bumi M 5,1 Guncang Nias Sumatera Utara

 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia," kata dia.

Bambang menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique naik (oblique thrust fault).

Kendati hasil pemodelan tidak menunjukkan adanya potensi tsunami, tetapi guncangan gempa dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala intensitas yang bervariasi.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Tambolaka dengan skala intensitas IV MMI, di mana pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com