Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Tektonik M 3,0 Guncang Rancabali Bandung Dipicu Sesar Garsela

Kompas.com - 15/11/2020, 13:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Wilayah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung diguncang gempa tektonik bermagnitudo M3,0 pagi ini pukul 06.01 WIB, Minggu (15/11/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,16 LS dan 107,5 BT.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho ST MSi mengatakan lokasi tepat berada di darat pada jarak 15 km arah barat daya Kabupaten Bandung kedalaman 14 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, BMKG menyebutkan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Baca juga: Gempa M 4,9 Guncang Selat Sunda Semalam, Terasa Hingga Sawarna

 

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela (Garut Selatan)," kata Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami BMKG kepada Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Adapun, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kecamatan Ranca Bali dengan Skala Intensitas II MMI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com