Kompas.com - 18/06/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Seluruh ilmuwah di seluruh dunia masih terus berusaha meneliti dan menemukan vaksin yang aman untuk melawan SARS-CoV-2, virus corona yang bertanggung jawab atas penyakit Covid-19.

Hingga kini, ada 135 kandidat vaksin corona dari seluruh dunia. Beberapa di antaranya sudah sampai pada tahap uji klinis, atau uji coba ke manusia.

Misi pencarian vaksin corona bukan hal mudah. Para ahli bergelut dengan banyak tantangan dan diwarnai aneka perdebatan.

Peneliti Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) Neni Nurainy mengatakan, setidaknya ada tiga poin dasar dalam tantangan pengembangan vaksin Covid-19.

Baca juga: Temuan Awal, Dexamethasone Terbukti Efektif Selamatkan Pasien Covid-19

Pertama, riset dan pengembangan bahkan sampai produksi vaksin corona dibutuhkan sesegera mungkin.

Kedua, butuh biaya yang tak sedikit untuk menemukan vaksin dalam waktu singkat.

Ketiga, dibutuhkan sistem atau teknologi yang dapat memproduksi vaksin dalam jumlah banyak dengan cepat.

Strategi pengembangan vaksin

Di Indonesia, Bio Farma menjadi salah satu industri kesehatan Indonesia yang turut melakukan riset dan pengembangan untuk vaksin Covid-19.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, Bio Farma memiliki tiga tahapan strategi, yakni strategi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Neni yang juga bekerja di Divisi Riset dan Pengembangan PT Bio Farma menjelaskan, strategi dalam riset dan pengembangan vaksin Covid-19 ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kegagalan dari tantangan pasti pembuatan vaksin pandemi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X