3 Hal yang Wajib Diberikan Orangtua untuk Anak Usia 1-5 Tahun

Kompas.com - 17/06/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum usai. Namun, orangtua tetap harus memperhatikan tumbuh kembang anak, terutama pada periode potensial keemasannya.

Seperti yang disampaikan oleh Ahli Tumbuh Kembang, Prof Dr dr Soedjatmiko SpA(K) MSi, anak usia 1 sampai 5 tahun ( balita) merupakan periode potensial untuk melahirkan generasi unggul Indonesia.

Umumnya usia emas ini dibagi menjadi dua yaitu, masa toddler dan prasekolah.

Untuk diketahui, toddler digunakan untuk menyebutkan anak yang ada dalam masa atau periode usia 12-36 bulan. Sedangkan, selebihnya sampai usia 5 tahun adalah masa prasekolah.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Cara Tepat Atasi Dehidrasi pada Anak

"Tumbuh kembang anak-anak dalam masa toddler dan prasekolah sangat penting," kata Miko dalam diskusi daring bertajuk Dancow Nutritods; Inovasi Terbaru untuk Tumbuh Kembang optimal Anak di Masa Toddler dan Prasekolah, Senin (15/6/2020).

Tumbuh kembang pada masa toddler dan prasekolah ini menjadi sangat penting karena terjadinya proses perkembangan otak, psikomotorik, dan psikososial anak yang sangat cepat.

Oleh sebab itu, kata Miko, penting bagi orangtua Indonesia untuk mencukupi kebutuhan dasar anak-anak.

Berikut 3 hal penting yang harus dilakukan orangtua, antara lain:

1. Memberikan nutrisi

Setiap anak pada masa usia toddler dan prasekolah memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda tergantung dengan kondisi anak Anda itu sendiri.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X