Cahaya Hijau Zamrud Muncul di Atmosfer Mars, Apakah Itu?

Kompas.com - 17/06/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi seniman tentang ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) dari Badan Antariksa Eropa (ESA) mendeteksi cahaya hijau zamrud yang merupakan oksigen di atmosfer Mars. Emisi ini, terlihat di siang hari Mars, mirip dengan cahaya malam yang terlihat di sekitar atmosfer Bumi dari luar angkasa. ESAIlustrasi seniman tentang ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) dari Badan Antariksa Eropa (ESA) mendeteksi cahaya hijau zamrud yang merupakan oksigen di atmosfer Mars. Emisi ini, terlihat di siang hari Mars, mirip dengan cahaya malam yang terlihat di sekitar atmosfer Bumi dari luar angkasa.

KOMPAS.com - Trace Gas Orbiter (TGO) dari Badan Antariksa Eropa (ESA) menangkap cahaya hijau menyelimuti atmosfer Mars.

Menurut laporan studi terbaru, ini pertama kalinya cahaya hijau zamrud terlihat di sekitar planet merah. Fenomena semacam ini juga belum pernah terjadi di atmosfer planet lain, selain Bumi.

"Salah satu emisi paling terang yang terlihat di Bumi berasal dari cahaya malam (night glow). Lebih khusus lagi, dari atom oksigen memancarkan panjang gelombang cahaya tertentu yang belum pernah terlihat di sekitar planet lain," ungkap pemimpin penulis studi Jean-Claude Gérard, dari Université de Liège di Belgia dalam sebuah pernyataan.

Dengan kata lain, cahaya hijau ini merupakan emisi pertama yang ditemukan dari planet selain Bumi.

"Emisi ini diprediksi ada di Mars selama sekitar 40 tahunan. Berkat TGO, kita semua bisa menemukannya," imbuh Gérard seperti dilansir Space.com, Selasa (16/6/2020).