Cahaya Hijau Zamrud Muncul di Atmosfer Mars, Apakah Itu?

Kompas.com - 17/06/2020, 20:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Space.com

KOMPAS.com - Trace Gas Orbiter (TGO) dari Badan Antariksa Eropa (ESA) menangkap cahaya hijau menyelimuti atmosfer Mars.

Menurut laporan studi terbaru, ini pertama kalinya cahaya hijau zamrud terlihat di sekitar planet merah. Fenomena semacam ini juga belum pernah terjadi di atmosfer planet lain, selain Bumi.

"Salah satu emisi paling terang yang terlihat di Bumi berasal dari cahaya malam (night glow). Lebih khusus lagi, dari atom oksigen memancarkan panjang gelombang cahaya tertentu yang belum pernah terlihat di sekitar planet lain," ungkap pemimpin penulis studi Jean-Claude Gérard, dari Université de Liège di Belgia dalam sebuah pernyataan.

Dengan kata lain, cahaya hijau ini merupakan emisi pertama yang ditemukan dari planet selain Bumi.

"Emisi ini diprediksi ada di Mars selama sekitar 40 tahunan. Berkat TGO, kita semua bisa menemukannya," imbuh Gérard seperti dilansir Space.com, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Wahana Antariksa NASA Temukan Tulang Manusia di Mars, Apakah Itu?

Gérard mengatakan, emisi hijau merupakan karakteristik oksigen.

Aurora berbeda dengan cahaya malam. Cahaya malam disebabkan oleh interaksi sinar Matahari dengan atom dan molekul di udara yang menghasilkan cahaya halus dan terus-menerus. Emisi ini sulit dilihat, bahkan di Bumi.

Inilah mengapa, gambar terbaik cahaya malam Bumi datang dari para astronot yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Cahaya siang hari (day glow), komponen harian dari emisi konstan ini bahkan lebih sulit dikenali. Itu didorong oleh mekanisme yang sedikit berbeda.

"Cahaya malam terjadi ketika molekul-molekul yang terpecah bergabung kembali, sedangkan cahaya siang muncul ketika cahaya Matahari secara langsung merangsang atom dan molekul seperti nitrogen dan oksigen," tulis pejabat Badan Antariksa Eropa (ESA).

Gérard dan koleganya menggunakan rangkaian instrumen Nadir dan Occultation for Mars Discovery (NOMAD) dari TGO, yang meliputi Ultraviolet and Visible Spectrometer (UVIS) yang mempelajari udara planet Merah selama pengamatan dari April hingga Desember tahun lalu.

"Pengamatan sebelumnya tidak menangkap cahaya hijau apa pun di Mars. Jadi kami memutuskan untuk mengarahkan kembali saluran Nadir UVIS ke titik 'tepi' Mars, mirip dengan perspektif yang Anda lihat dalam gambar Bumi yang diambil dari ISS," rekan penulis penelitian dan peneliti utama NOMAD Ann Carine Vandaele, dari Institut Royal d'Aéronomie Spatiale de Belgique di Belgia, mengatakan dalam pernyataan yang sama.

Gambar ini diambil oleh astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2011, cahaya hijau tipis yang merupakan oksigen terlihat di atas kurva Bumi. Di permukaan Bumi, tampak permukaan kawasan Afrika Utara yang disinari lampu malam sepanjang Sungai Nil.NASA/SPACE.com Gambar ini diambil oleh astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tahun 2011, cahaya hijau tipis yang merupakan oksigen terlihat di atas kurva Bumi. Di permukaan Bumi, tampak permukaan kawasan Afrika Utara yang disinari lampu malam sepanjang Sungai Nil.

Tim memindai atmosfer Mars di ketinggian antara 12 mil dan 250 mil (20 hingga 400 kilometer).

Mereka menemukan oksigen hijau bersinar di semua ketinggian, meskipun itu terkuat sekitar 50 mil (80 km) dan bervariasi dengan jarak Planet Mars dari Matahari.

Para peneliti juga melakukan pemodelan untuk lebih memahami apa yang mendorong cahaya hijau zamrud di Mars.