Matahari di Atas Ka'bah, Ukur Kiblat yang Akurat Bisa Dimulai Sore Ini

Kompas.com - 27/05/2020, 14:25 WIB
Kabah. Gambar diambil pada 31 Mei 2019 dari Mecca Royal Hotel Clock Tower. AFP/BANDAR ALDANDANIKabah. Gambar diambil pada 31 Mei 2019 dari Mecca Royal Hotel Clock Tower.

KOMPAS.com - Mengetahui arah kiblat menjadi hal yang penting bagi umat muslim untuk menentukan ke mana arah menghadap saat beribadah.

Untuk diketahui, arah kiblat yang menjadi acuan umat muslim untuk menghadap saat beribadah adalah arah letak Ka'bah berada.

Sementara di Indonesia sendiri, tidak sedikit yang memperbincangkan tentang arah kiblat yang telah bergeser dari sebelum-sebelumnya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Kalibrasi Arah Kiblat

Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan bahwa ada cara yang baik untuk menentukan arah kiblat dengan tepat yaitu dengan memanfaatkan fenomena matahari di atas Ka'bah.

Marufin berkata, pada saat matahari tepat berada di atas Ka'bah ini juga menjadi momen yang sangat baik untuk menentukan arah kiblat.

"Secara turun temurun dijadikan metode paling akurat dan efisien dalam menentukan arah kiblat suatu tempat karena tinggal menyesuaikan dengan bayangan benda," kata Marufin kepada Kompas.com (22/5/2020).

Pengukuran akurat dan caranya

Menurut Marufin, mengukur arah kiblat dengan matahari yang berkedudukan di atas Ka'bah adalah teknik pengukuran yang dianggap paling akurat secara keilmuan.

"Jauh melebihi akurasi penggunaan GPS ataupun kompas magnetik," tutur dia.

Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatur posisi tepat arah kiblat terbilang cukup mudah.

Baca juga: 5 Fakta Matahari di Atas Kabah, Waktu Hingga Cara Sempurnakan Kiblat

Cukup posisikan sebuah benda secara vertikal sehingga tegak lurus dengan permukaan air setempat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X