BPPT Lakukan Operasi Hujan Buatan Saat Lebaran, Ini Alasannya

Kompas.com - 26/05/2020, 19:06 WIB
Tim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC-BPPT) Riau tetap melaksanakan operasi modifikasi cuaca saat Hari Idul Fitri. BPPTTim Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC-BPPT) Riau tetap melaksanakan operasi modifikasi cuaca saat Hari Idul Fitri.

KOMPAS.com - Tim Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkaji dan Penerapan Teknologi (TMC BBPT) terus melanjutkan operasi modifikasi cuaca atau hujan buatan di Provinsi Riau, pada hari Lebaran, 24-25 Mei 2020.

Pada hari pertama Lebaran, dilakukan penerbangan penyemaian awan di wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak dan Kepulauan Meranti. Kemudian pada hari kedua Lebaran, penerbangan dilakukan di wilayah Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

Menurut Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC- BPPT) Tri Handoko Seto, operasi hujan buatan tersebut terus dilakukan karena potensi awan yang ada harus dioptimalkan.

"Kami pantau melalui radar secara near realtime setiap hari, sehingga diambil keputusan dilaksanakan penyemaian awan atau tidak, saat itu juga," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: Antipasi Karhutla, BPPT Siap Turunkan Hujan Buatan di Riau dan Jambi

Operasi TMC pencegahan kebakaran hutan tahun ini dilaksanakan BBTMC-BPPT sejak 13 Mei 2020 atas inisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), BRG (Badan Restorasi Gambut), dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Berdasarkan hasil pantauan satelit TRMM (Tropical Rainfall Measuring Missing), selama operasi TMC berjalan 13-24 Mei 2020, hujan turun merata di seluruh wilayah Riau.

Curah hujan terbesar berada di Bengkalis, Siak, Dumai, Rohil dan Kepulauan Meranti sebesar 80-300 mm. Sedangkan pada wilayah lainnya curah hujan pada kisaran 50-200 mm, kecuali Rokan Hulu dengan curah hujan hanya sekitar 10-120 mm.

“Hasilnya cukup baik guna pembahasan lahan gambut. Mudah-mudahan akan terus berlanjut," imbuh Koordinator Lapangan BBTMC Posko TMC Riau, Faisal Sunarto.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X