Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur Berlebihan, Adakah Efeknya pada Kesehatan Kulit?

Kompas.com - 13/05/2020, 17:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki jam tidur yang baik dan cukup sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk kulit. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sebanyak 8 jam.

Tapi jika tidur dengan berlebihan, apakah juga akan berpengaruh pada kesehatan kulit?

Dokter Spesialis Kulit Dermatologi Kosmetik dr Lilik Norawati menyatakan, kesehatan kulit sangat terpengaruh oleh rutinitas penggunaan pelembap selama tidur. Jadi tak ada kaitannya tidur yang berlebihan dengan kesehatan kulit.

"Tidak ada sebenarnya kaitan tidur berlebihan (dengan kesehatan kulit)," ujarnya dalam Diskusi Online Noroid, Selasa (12/5/2020).

Menurutnya, sepanjang sebelum tidur kulit sudah dibersihkan dan diberikan pelembap, maka tidak akan ada masalah pada kondisi kulit sekalipun tidur berlebihan.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Benarkah Tidur Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh?

Sebaliknya, jika sebelum tidur tidak membersihkan tubuh dan menggunakan pelembap, akibatnya akan merusak kulit. Ketika bangun, kulit akan kering.

"Kalau tidak gunakan pelembap lalu tidur berkepanjangan, pas bangun, kulit pasti tambah kering, apalagi kalau tidur di ruangan ber-AC," kata dia.

dr Lilik juga menyatakan, beberapa jurnal kesehatan menyarankan penggunaan pelembap dalam jumlah yang lebih banyak pada saat malam hari.

"Ini untuk jaga kulit supaya tidak kering (saat bangun di pagi hari)," katanya.

Dokter Spesialis kulit Dermatologi Pediatrik, dr Tina Wardhani Wisesa menambahkan, hal yang terpenting dalam tidur adalah kualitas.

Baca juga: Demi Kulit yang Sehat, Mungkin ini Alasan Migrasi Paus Pembunuh

Menurutnya, jika tidur dengan waktu yang lama namun dalam prosesnya terganggu, seperti terbangun secara berulang-ulang, maka akan menggangu kesehatan kulit.

"Kalau kualitas tidur tidak baik, seperti bangun-tidur, bangun-tidur (yang ada) tubuh malah jadi lelah," ujar dia.

Dia menekankan, jika memang memiliki waktu tidur yang cukup panjang, hal terpenting adalah penggunaan pelembap sebelum tidur.

"Apalagi untuk usia yang sudah lebih dari 40 tahun (harus lebih sering gunakan pelembap)," ungkap dr Tina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com