Pandemi Covid-19, Benarkah Tidur Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh?

Kompas.com - 05/05/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi tidur pulas untuk meningkatkan imunitas tubuh. ShutterstockIlustrasi tidur pulas untuk meningkatkan imunitas tubuh.


KOMPAS.com- Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, tidur disebut-sebut sebagai cara untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh manusia.

Lantas benarkah dengan tidur saja bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang?

Motivator Kesehatan, Dr Handrawan Nadesul mengatakan sebenarnya tidur itu tidak secara langsung bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Han menjelaskan mekanisme kenapa tidur bisa disebut atau dianggap sebagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Tidur yang normal pada orang yang sehat itu melewati empat fase, yaitu Non-Rapid Eye Movement (NREM), fase NREM N1, fase NREM N2, fase NREM N3 dan N4, serta fase Rapid Eye Movement (REM).

Baca juga: Puasa Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini Penjelasannya

Siklus tidur ini berurutan dimulai dari tahapan-tahapan fase NREM, dari tidur ringan (N1 dan N2) ke tidur lelap (N3 dan N4), kembali ke tidur ringan, kemudian diakhiri dengan fase REM.

"Kalau orang tidak melewati fase tidur lelap, berarti itu tidurnya tidak berkualitas," kata Han dalam ngobrol ringan bincang buku Yang Baru Ihwal Covid-19"di live instagram @bukukompas, Selasa (28/4/2020).

Han mengingatkan tahapan tidur lelap atau deep sleep akan terjadi di NREM N3 dan N4, umumnya memasuki tidur pada menit ke 90-120.

Ilustrasi tidur.Shutterstock Ilustrasi tidur.

Baca juga: Gangguan Tidur Berdampak pada Kesehatan, Mulai Pusing sampai Pikun

Tidur tahapan lelap ini jugalah yang disebutkan dengan kategori tidur yang berkualitas, dan memiliki manfaat atau akan membantu dalam proses detoksifikasi organ-organ tubuh.

"Kalau orang tidak melewati fase tidur lelap, itu artinya tidurnya tidak berkualitas. Orang itu akan segar ketika bangun meskipun hanya empat jam tidur, kalau tidurnya berkualitas," ujar dia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X