Di Rumah Aja Selama Pandemi Corona, Ini Cara Perawatan Kulit Pada Anak

Kompas.com - 13/05/2020, 16:35 WIB
Ilustrasi anak bermain sendiri di rumah, social distancing SHUTTERSTOCK/gpointstudioIlustrasi anak bermain sendiri di rumah, social distancing

KOMPAS.com - Pandemi virus corona Covid-19 membuat kita harus beraktivitas dari rumah, baik dalam bekerja, belajar, hingga beribadah. Pada masa ini, ternyata kulit berpotensi mengalami kerusakan.

Pasalnya, kebiasaan yang berubah, seperti menjadi lebih sering mencuci tangan, mennggunakan hand sanitizer, dan menggunakan AC, yang ditambah dengan rasa stres berpotensi menyebabkan kerusakan kulit pada orang dewasa dan anak-anak.

Oleh sebab itu, Dokter Spesialis kulit Dermatologi Pediatrik, dr. Tina Wardhani Wisesa menekankan pentingnya orangtua untuk tetap menjaga kesehatan kulit anak selama masa di rumah saja.

Dia menjelaskan, penggunaan sabun dan hand sanitizer yang terus-menerus dan berlebihan menimbulkan iritasi pada kulit anak, seperti gatal dan perih, kering, bersisik, dan muncul ruam-ruam.

Bahkan, pada anak yang memiliki kulit sensitif, dapat memicu terjadinya eksim, yang pada akhirnya mempermudah terjadinya infeksi bakteri, jamur, dan virus.

Baca juga: Anak Dalam Drama The World of The Married Kleptomania, Apa Itu?

Untuk menghindari kerusakan kulit, anak harus mencuci tangan dengan sabun berpelembap dan dibilas dengan air dingin yang mengalir. Setelah itu, oleskan pelembap pada tangan secara merata.

"Kalau di rumah, gunakan sabun saja. Hand sanitizer hanya digunakan saat keluar," katanya dalam Diskusi Online Noroid, Selasa (12/5/2020).

Orangtua juga harus memastikan anak mandi teratur dua kali sehari, menggunakan sabun berpelembap dan air dingin. Oleskan juga pelembap pada tubuh anak kira-kira tiga menit usai mandi.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X