Lawan Corona, Konsorsium Covid-19 Targetkan Kit Deteksi hingga Satelit Buatan

Kompas.com - 09/04/2020, 19:04 WIB
Konferensi pers Riset dan Inovasi Covid 19 di BNPB, Senin, 6 April 2020. dok. LIPIKonferensi pers Riset dan Inovasi Covid 19 di BNPB, Senin, 6 April 2020.

KOMPAS.com - Anggota konsorsium Covid-19 yang diikuti oleh berbagai instansi pemerintah dan perguruan tinggi mentargetkan berbagai strategi dan inovasi dalam membantu penanganan wabah Covid-19 di Indonesia.

Lantas, instansi dan inovasi apa saja yang sedang ditargetkan untuk membantu melawan Covid-19 di Indonesia saat ini?

1. Kemenristek/BRIN - Kit deteksi virus

Dalam upaya membantu penanganan pandemi Covid-19, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) tengah berupaya membuat inovasi kit deteksi cepat virus Corona.

Dikatakan oleh Menristek atau Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro, untuk target inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam waktu dekat menangani pandemi Covid-19 ini, kit deteksi cepat virus Corona dan portable ventilator sedang dalam proses riset.

Baca juga: Jangan Tolak Jenazah Pasien Covid-19, Corona Tidak Menyebar di Tanah

“Selain mengembangkan alat deteksi dan alat yang siap dipakai dalam waktu dekat, berbagai lembaga penelitian dan inovasi di bawah Kemenristek/BRIN juga bersinergi untuk membantu penanggulanan pandemi COVID-19 dengan berbagai cara,” ujar dia dalam konferensi pers "Riset dan Inovasi Covid 19", Senin (6/4/2020).

Bambang menyebutkan bahwa inovasi dari Konsorsium Covid-19 yang saat ini sedang dikembangkan mencakup dua jenis tes diagnostik, yaitu:

Kit RTD IgG IgM

Kit RTD IgG IgM ini sudah dilambangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan dapat diproduksi hingga 100.000 kit dalam waktu sebulan. Hasil tes Covid-19 menggunakan kit ini bisa dilihat dalam waktu 15 menit.

Kit RTD Micro-chip

Untuk kit jenis kedua ini, digunakan untuk melakukan deteksi awal (early detection) dengan cara mendeteksi antigen atau bagian virus Corona yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X