Hadapi Corona, Badan Riset Serahkan 2 Hasil Inovasi ke BNPB

Kompas.com - 08/04/2020, 13:03 WIB
Tangkapan layar desain mobile hand washer dari Kemenristek. DOK.KemenristekTangkapan layar desain mobile hand washer dari Kemenristek.


KOMPAS.com - Konsorsium riset dan inovasi untuk mencegah, mendeteksi, dan merespon secara cepat penyakit Covid-19 telah dibentuk oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional ( Kemenristek/BRIN).

Baru-baru ini, BRIN menyerahkan bantuan hasil penelitian dan inovasi untuk menghadapi virus corona pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Inovasi yang sudah diserahkan kepada BNPB berupa gel hand sanitizer dan mobile hand washer. Serta, yang akan sedang dikembangkan adalah kit deteksi cepat virus corona dan portable ventilator.

Baca juga: Ahli Tidak Rekomendasikan Pembuatan Hand Sanitizer Sendiri, Mengapa?

Menristek atau Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan bahwa Kemenristek dan BRIN akan terus melakukan riset dan inovasi.

“Kemenristek/BRIN terus mengerjakan riset dan inovasi untuk menanggulangi Covid-19. Di sini saya menekankan pentingnya riset yang dapat langsung digunakan masyarakat dalam waktu dekat," kata Bambang dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Mobile hand washer

Salah satu hasil riset yang telah diberikan pada BNPB yaitu 10 unit mobile hand washer, atau tempat cuci tangan yang mudah dipasang dari bahan yang mudah didapat.

Mobile hand washer yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini berbahan dasar:

- Tangki toren berkapasitas 300 liter

- Besi

- Siku

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X