Hikmah Ramadhan: Piramid, Tempat Firaun Melihat Tuhan?

Kompas.com - 11/05/2021, 22:36 WIB
Matahari terbenam di bahu kanan patung Sphinx di kawasan piramida Mesir. Fenomena astronomi khas ini terjadi di Mesir selama dua kali di Musim Semi pada Maret dan Musim Gugur pada September. Facebook/ Egypt Ministry of AntiquitiesMatahari terbenam di bahu kanan patung Sphinx di kawasan piramida Mesir. Fenomena astronomi khas ini terjadi di Mesir selama dua kali di Musim Semi pada Maret dan Musim Gugur pada September.

PIRAMID adalah ikon Mesir. Bangunan berbentuk limas ini sangat fenomenal. Piramid dikenal makam raja-raja kuno dan tempat ibadah. Juga tempat penyimpanan barang-barang berharga.

Sebagai benda sejarah, barang-barang yang ada di piramid banyak dijarah bahkan sejak masa kuno juga. Apakah piramid cuma sebagai makam para fir’aun?

Peter Der Manuelian, egyptolog dan Direktur Arsip Giza di Museum Seni Rupa Boston (2004-2011) menjelaskan bahwa banyak orang menganggap piramid hanyalah kuburan, padahal sebetulnya piramid juga bicara soal kehidupan.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Antara Mudik 2021 dan Prokes di Zaman Nabi Muhammad SAW

Di piramid tampak penggambaran orang bekerja di ladang, merawat ternak, pertukangan, pembuat pakaian, ritual keagamaan, dan proses pemakaman.

Dengan begitu, piramid juga termakna bagaimana orang-orang Mesir kuno menata kehidupan.

Karena menyangkut banyak aspek, wajar juga piramid menjadi bangunan megastruktur. Piramid adalah bangunan dengan struktur dan arsitektur terhebat pada masa kuno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, hingga zaman digital sekarang, kesan bangunan raksasanya sangat terasa. Coba saja berdiri di kompleks Piramid Besar Giza (The Great Pyramid), tak jauh dari Kairo.

Ada tiga piramid besar yang berjejer, yang merepresentasikan: bapak-anak-cucu. Terbesar adalah Piramid Khufu. Inilah makam Raja Khufu (Cheops), sang bapak.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Nuzulul Quran dan Turunnya Wahyu Pertama

Khufu adalah putra Sneferu dan Ratu Hetepheres I. Ia raja kedua dari dinasti ke-4 (periode 2610-2494 SM). Piramid ini tersusun dari 2,3 juta balok batu.

Di sebelahnya Piramid Khafre, anak Khufu. Di sebelahnya lagi Piramid Menkaure, anak Khafre atau cucu Khufu.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.