Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau ke Pelabuhan Ciwandan Lewat Pantura Banten? Kondisinya Mantap

Kompas.com - 27/03/2024, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

CILEGON, KOMPAS.com - Jalan pantai utara (pantura) kerap menjadi jalur andalan pemudik, khususnya yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua.

Tidak terkecuali di Banten, jalan pantura juga diandalkan oleh pemudik dengan sepeda motor yang hendak melakukan penyebrangan ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Ciwandan.

"Kalau yang mau menuju Pelabuhan Ciwandan kalau dari Jakarta baiknya melalui pantura kemudian masuk jalur lintas selatan di Cilegon," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wahyu Supriyo Winurseto saat ditemui di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/3/2024).

Juga tersedia rute lainnya bagi pemudik yang hendak menuju Pelabuhan Ciwandan, yakni lewat dukungan jalan kota.

"Atau bisa lurus sampai dengan arah Pelabuhan Merak tapi belok kiri, di situ jalan nasional kita dan kita juga ada dukungan dari jalan kota yang memang kolaborasi ini juga bisa memecah arus bagi kendaraan-kendaraan roda dua yang akan menuju ke Ciwandan," lanjutnya.

Adapun jalan pantura Banten membentang sepanjang 136 kilometer dengan kemantapan hampir sempurna di angka 96,8 persen.

Baca juga: Antisipasi Genangan di Tol Sedyatmo, Kementerian PUPR Lakukan Ini

"Mayoritas konstruksi di pantura Banten itu konstruksinya rigid ya, jadi kemantapan jalannya juga sudah cukup mantap, sudah siap dilewati juga," papar Wahyu.

Sebagai informasi, total panjang jalan nasional di Provinsi Banten mencapai 567,9 kilometer dengan tingkat kemantapan jalan 95,88 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com